Kembangkan Layanan Marketplace untuk Asuransi Mikro, Surge Bidik Pasar Potensial Kelas Menengah dan UMKM

Jakarta, 23 Juni 2021 - PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (IDX:WIFI) atau Surge kini tengah fokus mengembangkan layanan asuransi mikro melalui Asuransi Kita, marketplace asuransi yang mengkurasi beragam produk asuransi dengan manfaat terlengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan perlindungan pengguna. Pengembangan layanan ini lahir dari komitmen perseroan untuk membantu penetrasi asuransi yang masih rendah di kalangan masyarakat menengah, berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM yang sekaligus menjadi pasar potensial untuk dijajaki lebih lanjut.
Sejak diperkenalkan setahun yang lalu, tepatnya April tahun 2020 Asuransi Kita telah memiliki pengguna aktif hingga lebih dari 80.000 yang sebagian besar terdiri dari pegawai swasta, komunitas hobi, profesional. Asuransi Kita menghadirkan tujuh (7) manfaat perlindungan bagi pengguna, mulai dari perlindungan kecelakaan, kesehatan, jiwa, perjalanan, kendaraan, olahraga dan rumah.
Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan per 31 Agustus 2020, penetrasi asuransi di Indonesia masih terbilang rendah yakni di kisaran angka 2,92 persen. Dari hasil pengamatan Asuransi Kita, penetrasi layanan asuransi masih belum menyentuh semua lapisan masyarakat, terutama mereka yang berpenghasilan rendah dan juga pelaku UMKM. Kurangnya edukasi mengenai manfaat perlindungan asuransi serta platform asuransi digital yang bisa digunakan dengan mudah dan terjangkau masih menjadi hambatan utama.
CEO Surge Hermansjah Haryono mengatakan “Asuransi Kita kami hadirkan sebagai solusi perlindungan terkurasi yang disesuaikan dengan kebutuhan perlindungan masyarakat dengan berbagai kemudahan. Pertama, platformnya sangat mudah digunakan karena telah terintegrasi dengan semua layanan aplikasi dan periklanan dalam ekosistem Surge yang memiliki potensi untuk menjangkau populasi audience lebih dari 100 juta orang per hari. Kedua, biaya premi sangat terjangkau mulai dari Rp5.000 dengan berbagai pilihan perlindungan sekaligus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Ketiga, fleksibilitas pemilihan rentang waktu perlindungan bagi pengguna mulai dari harian. Dengan berbagai kemudahan ini, kami harapkan akan semakin banyak lapisan masyarakat yang bisa dijangkau dan terlindungi,” jelas Hermansjah.
Pengguna dapat dengan mudah mengakses layanan asuransi melalui halaman website Asuransi Kita. Selain itu, akses lainnya juga bisa ditemukan melalui jaringan ekosistem Surge lainnya yang termasuk pada penggunaan wifi gratis yang disediakan oleh perseroan, aplikasi Linipoin serta seluruh aplikasi yang dikembangkan oleh perseroan melalui fitur PPOB (Payment Point Online Bank) yang akan dihadirkan dalam waktu dekat. Fitur ini sekaligus akan mempermudah para pengguna di daerah yang masih belum mengenal transaksi pembayaran digital untuk membayar premi.
Potensi Asuransi Mikro di Masa Adaptasi baru
Menurut Hermansjah, edukasi asuransi melalui layanan asuransi mikro dan kemudahan akses dalam digitalisasi platform akan menyentuh target pasar secara langsung dan lebih tepat sasaran. Apalagi di tengah masa adaptasi baru seperti saat ini dimana geliat bisnis sudah mulai kembali bangkit, asuransi mikro memiliki potensi cukup besar untuk berkembang. Selain itu, pentingnya akses asuransi sebagai perlindungan diri sendiri maupun orang terdekat selama pandemi ini sejalan dengan misi perseroan untuk menghadirkan solusi digital untuk kebutuhan harian (daily needs) masyarakat.
Tercatat pada awal tahun 2021, Asuransi Kita telah mengeluarkan lebih dari 100.000 polis yang menyasar lebih dari 80.000 orang. Berbagai produk asuransi di Asuransi Kita telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Asuransi Kita memiliki beberapa mitra asuransi di antaranya Sompo Insurance, Cigna, Sequis Life, AXA, Sinarmas Insurtech dan beberapa mitra lainnya.
“Selain jiwa dan kesehatan, bidang perlindungan perjalanan di masa ini memiliki potensi besar kaitannya untuk mendukung protokol clean, health, safety and environment (CHSE). Perlindungan perjalanan akan melindungi masyarakat dari risiko tidak terduga seperti sakit dan kecelakaan. Dengan integrasi platform yang dapat diakses di banyak aplikasi dalam jaringan ekosistem, Surge menyasar pengguna harian transportasi kereta api yang pada masa adaptasi kebiasan baru ini kurang lebih mencapai lebih dari 400.000 penumpang per hari hingga pelaku usaha UMKM yang merupakan pedagang pasar di bawah naungan Pasar Jaya dan Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas), serta para mitra warung rekanan ribuan gudang KUD di sepanjang Jawa,” jelas Hermansjah.
Proses pengajuan klaim jauh lebih sederhana dan membutuhkan waktu yang cukup singkat dengan kurang lebih 10 (sepuluh) hari kerja. Proses pengajuan bisa dilakukan secara online dengan menggunakan WhatsApp, email, dan website sehingga semakin memudahkan pengguna.
Salah satu mitra asuransi yang bergabung dalam Asuransi Kita, yaitu Sompo Insurance saat ini menghadirkan layanan perlindungan untuk perjalanan penumpang kereta jarak jauh dari berbagai risiko seperti kehilangan dan/atau kerusakan barang pribadi, keterlambatan dan pembatalan perjalanan, kecelakaan, perawatan serta evakuasi medis ketika dibutuhkan, dan banyak lagi lainnya. Yolanda Widjaja, Chief Sales Officer PT Sompo Insurance Indonesia mengatakan, “Selama 46 tahun berdiri di Indonesia, Sompo Insurance selalu berinovasi demi kesehatan, keamanan dan kesejahteraan nasabahnya. Bersama Asuransi Kita dari Surge, kita ingin memperluas jangkauan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat. Karena bagi kami, setiap orang berhak untuk merasa aman dalam menjalani keseharian mereka.”
Untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan upaya perlindungan maksimal di masa adaptasi baru, Asuransi Kita ke depan akan menghadirkan layanan perlindungan untuk COVID-19 dan vaksinasi Layanan ini akan memberikan perlindungan untuk nasabah terhadap kondisi yang disebabkan oleh virus Covid 19, dengan masa perlindungan secara bulanan atau tahunan, menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Mengenai Surge
PT Solusi Sinergi Digital Tbk (IDX: WIFI) atau Surge adalah perusahaan ekosistem digital terdepan di Indonesia yang mengusung solusi-preneur atau enabler dari transformasi digital di Indonesia. Didirikan pada tahun 2012, perseroan terus berkembang dan menjalani aktivitas bisnis holding, periklanan, produk dan layanan digital serta jaringan serat optik. Hadapi tantangan dan peluang digitalisasi secara cepat dan merata, Surge hadirkan model bisnis terintegrasi yang terdiri dari tiga pilar usaha terpadu yakni periklanan media (MacroAd), pengembangan produk dan layanan digital mobile apps (Codify), dan infrastruktur jaringan (Weave).
Sejak mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 30 Desember 2020 dengan kode saham WIFI, Surge terus mewujudkan visi meningkatkan kualitas hidup publik lewat transformasi digital, mempersingkat celah komunikasi, serta menjadi platform konektivitas masa depan.
Jakarta, 23 June 2021 – PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI.JK), also known as Surge, is currently focused on developing micro-insurance services through Asuransi Kita platform, which is an insurance marketplace curating various insurance products with the best benefits tailored to the users’ protection needs. The development of this service was established based on the company’s commitment to help introduce and incorporate insurance to the middle class, low-income workers, and MSME, who are not aware of these services yet and are also potential markets to be further explored.
Since their debut a year ago, specifically April 2020, Asuransi Kita has had more than 80,000 active users, most of whom are private employees, hobbyists, communities, and professionals. Asuransi Kita provides seven (7) protection benefits to users, ranging from accident protection to health, life, travel, vehicle, sports, and house protection.
Based on data from Indonesia Financial Services Authority (OJK) as of 31 August 2020, insurance penetration in Indonesia is considered low with approximately 2.92%. From Asuransi Kita’s observation, the penetration of insurance services has not yet reached all levels of society, especially those with low incomes as well as MSME employees. The lack of education regarding the benefits of insurance protection and digital insurance platforms that can be used easily and affordably becomes the main obstacle.
Surge CEO, Hermansjah Haryono, said, “We bring Asuransi Kita as a curated protection solution tailored to the protection needs of communities with convenience. First, the platform can be easily used because it has been integrated with all application and advertisement services in Surge’s ecosystem, which has the potential to reach an audience population of more than 100 million people per day. Second, premium costs are incredibly affordable, starting from Rp 5.000 with various protection options that can be adapted to users’ needs. Third, the flexibility of choosing the protection’s time range for users, starting from daily options. With these various accesses, we hope that more ‘layers’ of society can be reached and protected.”
Users can easily access insurance services through Asuransi Kita’s website page. Additionally, other access can also be found through other Surge ecosystem networks, which includes the use of free Wi-fi provided by the company, the Linipoin application, and all applications developed by the company through a PPOB (Payment Point Online Bank) feature, which will be established in the near future. This feature will make it easier for users in certain areas, who have yet to know about digital payment transactions, to pay a premium.
The Potential of Micro Insurance in the New Adaptation Period
According to Hermansjah, insurance education through micro insurance services and the accessibility of digitized platforms will reach target markets directly and precisely. Especially in the midst of a new adaptation period right now where business activities are starting to advance again, micro insurance has considerable potential for development. Additionally, the significance of access to insurance as protection for self and those closest to you during the pandemic is in line with the company’s mission to provide digital solutions for the daily needs of communities.
As of the beginning of 2021, Asuransi Kita has released more than 100,000 policies targeting more than 80,000 people. Various insurance products in Asuransi Kita have been registered and monitored by OJK. Asuransi Kita has several insurance partners including Sompo Insurance, Cigna, Sequis Life, AXA, Sinarmas Insurtech, among other partners.
“Besides life and health, the travel protection sector currently has great potential in relation to supporting the clean, health, safety and environment (CHSE) protocol. Travel protection will protect the public from unexpected risks such as illness and accidents. With the integration of platforms easily accessible in many applications provided in the ecosystem network, Surge targets daily users of rail transportation, approximately reaching more than 400,000 passengers per day in this period of the new adaptation, MSME owners who are market traders under the auspices of Pasar Jaya, Jakarta and Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas), and stalls (warung) partner of thousands of KUD warehouses across Java,” explains Hermansjah.
The claim submission process is much simpler and requires a fairly short amount of time, approximately 10 (ten) working days. The submission process can be done online via WhatsApp, email, and website to make it easier for users.
One of Asuransi Kita’s insurance partners, Japan-based local subsidiary Sompo Insurance, currently provides protection services for long-distance train passengers from various risks such as loss and/or damage to personal belongings, trip delays and cancellations, accidents, medical care and evacuation when needed, and many more. Yolanda Widjaja, Chief Sales Office PT Sompo Insurance Indonesia, said, “For 46 years in Indonesia, Sompo Insurance always innovates for the health, safety, and welfare of its customers. Together with Asuransi Kita from Surge, we want to expand the range of protection suitable to communities’ needs and lifestyles. Because for us, everyone has the right to feel safe in going about their daily lives.”
To cater for communities’ needs on maximum protection efforts in this new adaptation period, Asuransi Kita, in the future, will establish protection services for COVID-19 and vaccination services that will give users protection towards conditions caused by the COVID-19 virus, with monthly or yearly protection time range, based on users’ needs.
About Surge
PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI.JK) or Surge is a leading digital ecosystem company in Indonesia that carries the concept of solution-preneur or enabler of digital transformation in Indonesia. Established in 2012, the company continues to grow and engage in business holding activities, advertising, digital product, and service, as well as a fiber-optic network. Facing challenges and digitalization opportunities in a fast and equal manner, Surge presents an integrated business model consisting of 3 business pillars, namely media advertising (MacroAd), product development, and digital mobile apps service (Codify), and network infrastructure (Weave). Previously, Surge services can be enjoyed by the public through free Wi-fi services in Jabodetabek’s commuter line facilities, creative media Linikini and Hops Media Group, as well as various interesting applications like loyalty Linipoin app, LaperNih app, SobatTani app, and Asuransi Kita app.
Since Surge listed its shares in Bursa Efek Indonesia (BEI) on 30 December 2020 with ticker code WIFI, Surge continues to realize its vision of improving the public’s quality of life through digital transformation, shortening the communication gap, and becoming a connectivity platform in the future.













